Peluang Usaha Makanan Bakso Sukses Untuk Pemula

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bernama bakso. Siapapun orangnya pasti pernah mencicipi makanan yang satu ini, atau bahkan sering mengkonsumsi makanan yang satu ini. Yang tidak banyak orang ketahui adalah usaha makanan yang satu ini cukup menjanjikan, itu sebabnya ada banyak sekali orang yang mulai membuka usaha tersebut, ini juga yang membuat bakso mudah Anda temukan dimana saja dan kapan saja.

Untuk menggeluti usaha bakso ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggeluti usaha seperti ini. Jika Anda berminat untuk menggeluti usaha bakso tersebut, tidak ada salahnya jika membaca beberapa tips sukses berikut ini.

  1. Modal

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah modal usaha. Ini adalah hal mutlak yang harus Anda miliki. Untuk menghitung modal, mudah saja, yang harus Anda ketahui pertama kali adalah, apakah usaha yang akan Anda lakukan ini adalah usaha rumahan, yang akan dijual di depan rumah, atau usaha dalam bentuk gerobak, yang akan mengelilingi jalanan? Untuk usaha rumahan, tentunya modal yang perlu Anda keluarkan tidak sebesar berjualan menggunakan gerobak. Karena berjualan menggunakan gerobak, tentunya nda harus menyiapkan dana untuk membeli gerobak tersebut, sedangkan untuk usaha di rumah tidak perlu !

  1. Mempunyai resep bakso andalan

Hal lainnya yang perlu Anda siapkan untuk usaha ini adalah resep. Untuk membuat orang tertarik, bahkan menjadi langganan di kedai bakso yang Anda buka, ada baiknya jika Anda mencari atau mempunyai resep bakso Andalan. Semakin enak, unik, dan pastinya sedap untuk dikonsumsi, maka orang akan teringat dan akan kembali lagi mengunjungi kedai bakso Anda.

  1. Membuat sendiri bahan mie dan bakso

Untuk menjaga kualitas rasa dan makanan yang hendak disajikan. Sebaiknya Anda membuat sendiri bahan bakso tersebut, baik itu mie, bakso bahkan bumbu bakso itu tersebut. Hal ini ada kaitannya dengan resep bakso yang Anda miliki. Semakin unik dan enak rasa yang disajikan, maka orang akan sulit berpaling dari kedai bakso Anda. Selain itu membuat sendiri bahan bakso yang hedak disajikan, akan menjamin kebersihan dan higienitas bakso yang disajikan.

  1. Selalu membuat inovasi

Untuk membuat para pelanggan betah untuk selalu mengkonsumsi bakso yang Anda buat, tidak ada salahnya jika Anda terus membuat berbagai macam inovasi, agar makanan yang disajikan tetap unik, dan pastinya beda dengan pedagang lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat menyajikan sate bakso, bakso kotak, bakso isi keju, bakso isi aneka buah atau inovasi lainnya.

Dengan banyaknya inovasi yang ada, akan membuat orang merasa penasaran dan mencoba inovasi terebut. 

  1. Nama bakso unik

Ada kalanya orang tertarik mengkonsumsi suatu makanan berdasarkan nama makanan tersebut unik. Peluang ini dapat Anda coba caranya adalah dengan membuat nama bakso atau kedai bakso yang Anda miliki unik. Atau mungkin nama bakso yang Anda gunakan unik.

  1. Lokasi berjualan

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi berjualan. Hal ini erat hubungannya dengan target pasar yang hendak Anda bidik. Apakah target pasar Anda masyarakat umum, kalangan mahasiswa, masyarakat kelas menengah hingga atas, atau yang lainnya. Apabila target pasar Anda adalah masyarakat umum, ada baiknya jika Anda memilih lokasi berjualan yang cukup strategis, seperti di dekat kampus, di daerah dekat perumahan, atau lokasi lainnya. Namun jika konsumen yang Anda bidik adalah kalangan menengah ke atas, sebaiknya cari lokasi berjualan di daerah pusat perbelanjaan, dll. 

  1. Perhatikan kebersihan

Untuk menjaga agar, para konsumen berasa betah berada di kedai bakso yang Anda miliki, Anda tentu harus menjaga kebersihan dari kedai terebut. Baik itu kebersihan akan tempat berjualan, kebersihan akan berbagai macam alat yang digunakan, dan hal lainnya. Ketika lokasi dan alat berjualan bersih, orang akan merasa nyaman untuk mengkonsumsi bakso tersebut.

  1. Ikut program franchise

Apabila Anda tidak mempunyai resep andalan, tidak dapat membuat bahan bakso sendiri, atau bahkan modal yang Anda miliki terbatas, namun Anda ingin berjualan bakso. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan atau mengikuti program franchise. Franchise bakso kini sudah cukup menjamur. Dengan adanya waralaba bakso ini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin berjualan bakso tapi bingung dengan modal, tidak dapat membaut bakso sendiri, dll.

Dengan mengikuti program seperti ini, Anda akan dikirimkan aneka bahan untuk berjualan bakso. Nama usaha pun sudah ada, Anda hanya perlu menjajakan makanan ini di lokasi yang tepat, agar perolehan keuntungan yang diperoleh juga baik.

  1. Program promo

Untuk mengikat para konsumsen untuk datang ke toko atau tempat Anda berjualan bakso, ada baiknya jika Anda mengadakan semacam program promo. Misalnya dengan memberikan diskon bakso sebesar 30% atau bahkan lebih. Dengan demikian orang akan tertarik untuk mencoba mengkonsumsi makanan yang Anda sajikan.

  1. Kerja keras dan pantang menyerah

Hal lainnya yang harus Anda miliki ketika hendak bisnis bakso adalah ulet, kerja keras dan pantang menyerah. Seperti diketahui bersama saat ini ada banyak sekali orang yang berjualan bakso. Untuk membuat orang tertarik bahkan menjadi langganan di tempat Anda, maka Anda tidak boleh patah semangat! Meraih kesuksesan itu tidak mudah, namun dengan usaha yang tekun, pantang menyarah, lambat laun,bisnis bakso yang Anda buat, sukses.

Incoming search terms:

  • tempat jualan bakso buntel di karawang?
  • usaha baso dikarawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *