Ciri-ciri Kuliner Bakso Palsu

Posted on

Marak diberbagai media, adanya olahan bakso dari bahan-bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Ada yang menggunakan daging tikus, daging bangkai, dan sebagainya. Apalagi ditambahnya zat-zat berbahaya seperti formalin agar baksonya menjadi awet.

Tentu kita pasti tidak ingin terjebak dengan kuliner bakso semacam itu kan? Oleh karena itu, waspada harus tetap dicanangkan, bila perlu laporkan usaha kuliner bakso yang tertangkap mengelola menunya dengan bahan-bahan yang berbahaya.

Ciri-ciri Kuliner Bakso Palsu

Untuk mengantisipasi atau mencari kuliner bakso yang aman bisa menyimak tips berikut ini:

Tidak memiliki ijin usaha, BPOM, sertifikat halal

Bukan berarti yang tidak memiliki usaha, BPOM atau sertifikat halal juga buruk. Namun untuk memastikan bahan makanannya aman, setidaknya kuliner bakso memiliki ketiga hal tersebut.

Dengan adanya ijin usaha menjadi jelas, bahwa usaha tersebut sudah di review dan dipantau dari dinas kesehatan. Dengan adanya sertifikat halal, sudah dipastikan makanan tersebut tidak mengandung bahan-bahan haram.

Tempat usaha kotor dan kumuh

Berprasangka buruk tidaklah boleh, yang boleh adalah berhati-hati untuk mencegah kejadian buruk. Kuliner bakso yang aman dan tidak palsu, pasti mereka lebih mementingkan kebersihannya, kenyamanan untuk pelanggan.
Bagaimana bisa terjamin aman, bila tempatnya saja sudah kotor dan Jorok. Walaupun dengan pedagang bakso keliling, selalu perhatikan kebersihannya. Bukankah kebersihan bagian dari iman?

Bentuk Bakso yang tidak Normal

Untuk meneliti bakso ini aman atau tidak biasanya sudah terlihat dari nampak luarnya. Kadang ada bakso yang terlalu pucat warnanya, dan yang seperti ini sudah bisa ditebak, bakso tersebut tidak sehat.

Yang susah ketika kita tergiur dengan keindahan baksonya. Padahal justru bakso yang tampilannya tidak wajar bisa jadi enggunakan bahan-bahan kimia yang sangat berbahay. Biasanya hal ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen tanpa melihat keamanannya.

Ditinjau dari rasa bakso tersebut

Bakso yang enak dan aman terlihat jelas dari rasanya. Bakso yang aman nampak terlihat segar, tidak terlalu pucat tidak pula terlalu over warna dan teksturnya.

Dengan demikian kita bisa tau dan sadar, bahwa keamanan dan kebersihan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Karena menyangkut masalah kesehatan. Jadi, pilihlah kuliner bakso di daerah Anda dengan bijak. Walaupun beli dipedagang keliling tidak masalah, asalkan jujur dalam berdagang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *